Friday 1 May 2020

KARAKTERISTIK CABANG OLAHRAGA MENEMBAK


Cabang Olahraga menembak merupakan cabang yang memiliki karakteristiknya hampir sama dengan olahraga panahan hanya membedakan dari jenis kekuatan dorongan, panahan sangat tergantung pada energi atau tenaga yang timbul karena tarikan atau rentangan pemanah terhadap busur sedangkan pada menembak kekuatan dorongan diperoleh dari ledakan alat itu sendiri. Selain mengandalkan pada senjata, atlet memperlukan daya tahan, fisik yang prima, dan memiliki akurasi yang konstan, karena atlet menurun performanya pada saat tembakan seri terahkir, itu dikarenakan perbedaan tembakan untuk penembak air rifle 10m putra dan putri berbeda pada pelurunya untuk putra 60 peluru dengan waktu 1 jam 30 menit dan untuk putri 40 peluru dengan waktu 60 menit.
Di dalam olaharaga menembak memiliki banyak nomor dan yang di akui oleh ISSF (Internasional Shooting Sport Federation) dalam kategori pertandingan untuk putra sendiri 19 (sembilan belas) nomor dan untuk putri 13 (tiga belas) nomor, dari individual dan tim, dan untuk katagori umur junior, adult, senior. Untuk senjatanya dibagi menjadi pistol, laras panjang (rifle), shotgun. Bahkan di menembak terdapat jarak yang dipertandingkan dari 300 m, 50 m, 25 m, 10 m, dan lain sebagainya, dari setiap jarak berbeda juga untuk pelurunya, jenis senjatanya dan artibute dari senjata tersebut tergantung dari penggunaan jaraknya, untuk amunisinya menggunakan 4,5 mm, maksimum panjang laras 850 mm dan berat maksimum senjata 5,5 kg untuk pria dan wanita.
Olahraga menembak dapat dikatakan sebagai olahraga yang menarik karena dalam pelaksanaannya olahraga ini dibutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Selain konsentrasi yang tinggi, dalam olahraga menembak juga dibutuhkan keterampilan dalam melakukan teknik menembak yang benar untuk mendapatkan hasil tembakan yang tepat sasaran. Dalam olahraga menembak tidak hanya fisik saja yang harus dipersiapkan, melainkan persiapan psikis atlet itu sendiri. Maka dari itu atlet perlu mempersiapkan dirinya sendiri dari dalam maupun dari luar, agar hasilnya tidak mengecewakan

No comments:

Post a Comment